Number 27 - Nascar . Gemblonk: BIOLOGI, FISIKA, DAN KIMIA DAN PERKEMBANGANNYA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN MODERN DAN ISLAM

Ads 468x60px

BIOLOGI, FISIKA, DAN KIMIA DAN PERKEMBANGANNYA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN MODERN DAN ISLAM

Biologi dan Perkembangan nya
1.Asal mula kehidupan menurut ilmu pengetahuan modern
Ada berbagai pendapat berupa hipotesis yang mengungkapkan asal mula kehidupan antara lain :
a. Genetia Spontanea
Sebelum abad 17 orang menganggap bahwa makhluk hidup terbentukr secara spontan
Contoh :
Ulat timbul dengan sendirinya dari bangkai
Cacing dari dalam lumpur
Gudang padi muncul tikus
Paham ini disebut Abiogenesis artinya makhluk hidup dapat terbentuk dari bukan makhkluk.misalnya dari lumpur timbul cacing. Paham ini di pelopori juga oleh Aristoteles.
b. Cosmozoa
Ada pendapat bahwa makhluk hidup di bumi ini asal mula nya adalah dari luar bumi. Benda hidup yang datang itu mungkin berbentuk spora yang aktif jatuh ke bumi lalu berkembang biak. Hipotesis ini terlalu lemah karena tidak di dukung oleh fakta-fakta dan juga tidak menjawab asal mula kehidupan.
c. Omme Vivum Ex ovo
Fransisco Redi (1626-1597 M) ahli biologi italia, dapat membuktikan bahwa ulat pada bangkai tikus berasal dari telur lalat yangl sengaja di letakkan, dari banyak percobaan, ia memperoleh kesimpulan “bahwa asal mula kehidupan dari telur”(omne vivum ec ovo).
d. Omme Vivum Ex vivo
Lazzaro Spallanzani (1729-1799 M) dari italia, dengan percobaan terhadap kaldu, membuktikan bahwa jasad remik atau mikroorganisme yang mencemari kaldu dapat membusukkan kaldu. Bila di tutup rapat setelah mendidih tidak membusuk. Ia berpendapat adanya telur harus ada jasad (omne ovo exvivo).
e. Omne Vivum exvivo
Louis Pasteur (1822-1895 M) sarjana kimia Prancis melanjutkan percobaan Lazzaro Spallanzani dengan percobaan berbagai mikroorganisme, tumbuh kehidupan yang baru atau di sebut omne vivum exvivo, disebut juga Biologenesis.
f. Teori Uray
Harold Uray (1893 M) ahli kimia dari amerika serikat, mengemukakan atmosfer bumi pada awalnya kaya akan gas metana (CH4), amoniak (NH3),hydrogen (H2), dan air (H2o). Zat itu merupakan unsur-unsur penting dalam tubuh makhluk hidup. Zat hidup yang mula-mulanya sama dengan keadaan virus sekarang. Berjuta-juta berkembang menjadi berbagai organisme.
g. Teori Oparin-Haldane
A.l oparin ahli biologi dari rusia, 1924 M. pendapat nya tentang asal mula kehidupan tidak mendapat sambutan dari para ahli. Pada tahun 1963 M barulah di tanggapi dengan serius. Dalam berbagai bahasa J.B.S. Haldane ahli biologi bangsa Inggris secara terpisah mempunyai pendapat serupa, berikut ringkasannya ;
Jasad hidup terbentuk dari senyawa kimiawi, senyawa ini antara lain adalah asam amino,purine dan basa pirimidin. dan senyawa golongan gula terbentuk pula senya wa polipeptda asam poliuneklat dan polisakarida, semuanya terbentuk atas bantuan sinar Ultra violet.
Pada tahun 1953 M. Stanley L.Miller, ,murid uray membuat percobaan yang berlngsung 7 hari, baru di teliti hasil reaksinya. Perbedaan antara makhluk hidup dengan benda mati antaralain :
1. Bentuk dan ukuran
Makhluk hidup mempunyai bentuk dan ukuran,benda mati tidak.
Contoh : Batu ada yang sebesar butir pasir dan ada yang sebesar gunung;
Sedangkan manusia ukuran dan bentuk nya tertentu.
2. Komposisi kimia
Makhluk hidup mempunyai komposisi kimia tertentu, yaitu karbon (C), Hidrogen (H), oksigen (O) Nitrogen (N), sulfur (S), dan mineral. Benda mati komposisi kimia nya tidak tertentu.
3. Organisme
Sel berbentuk jaringan, dan jaringan berbentuk organ, system organ membentuk proses hidup. Benda mati misalnya batu,susunan sedemikian rupa adalah dari hasil unsur pokok.
4. Pada makhluk hidup terjadi pengambilan dan penggunaan makanan,respirasi/pernapasan, sekresi dan ekresi.
5. Iritabilitas
Makhluk hidup dapat memberikan reaksi pada perubahan, misalnya cahaya, gerakan, dan suhu.
6. Reproduksi
Pada makhluk hidup,kemampuan untuk membuat makhluk itu menjadi banyak.
7. Tumbuh dan mempunyai daur hidup
Makhkluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan mempunyai daur hidup artinya melalui proses kelahiran tumbuh dewasa dan mati.
Fisika dan Perkembangannya
Ilmu pengetahuan mulai berkembang sejak manusia menggunakan pola pikir. Ilmu pengetahuan berkembang dengan adanya pengamatan, pengalaman dan pemikiran yang terbatas.
Perkembangan Pada Tahun Sebelum Masehi
Benda terdiri dari 4 unsur utama udara, api, air, dan tanah. Benda terjadi atas dua unsur dasar yaitu, material dan essentia. Api mempunyai sifat panas dan kering, bumi mempunyai sifat dingin dan kering. Udara bersifat panas dan bahasa. Air bersifat dingin basah. Teori ini dikemukakan oleh Aristoteles.
Teori kenisbian ruang dan waktu dan kuantum mendasari perkembangan fisika inti. Dialog Abu Hanifah (767 M) :seorang mu’tazilah bertanya tentang pusat bumi, ia menjawab “ Ditempat yang terang dimana kau sedang duduk ”. jawaban ini bukti tertentu dan telah bermaksud menyampaikan bahwa bumi juga peta-peta dunia yang disiapkan orang-orang terdahulu menggambarkan bumi itu bulat.
1.Astronomi (Perbintangan)
Penemuan dan pelajaran sejumlah bintang di akui menjadi suatu sumbangan orang islam yang berharga dan tak dapat di lupakan. Orang arab badui sebelum islam telah mengembangkan observasi-observasi perbintangan yang sangat tepat, tidak hanya untuk hanya perjalanan malam hari mereka gurun pasir, tapi juga untuk ilmu cuaca dan sebagainya. Observasium telah timbul dimana-mana dibawah khalifah Al-Makmum, lingkaran bumi telah di ukur dengan ketapatan hasil yang mengagumkan.
2.Ilmu alam
Sifat khas dari aspek ilmu islam ini adalah tekanan diberikan pada percobaan dan penelitian tanpa prasangka.Para pengarang mulai mempelajari ilmu-ilmu mereka dengan mempersiapkan kamus dengan menggolongkan istilah-istilah tekhnis(TECHNICAL TERNIS), yang di dapat dalam bahasa mereka sendiri. Dan mereka mengumpulkan dari semua kitab puisi dan prosa denga kutipan-kutipan yang berguna, diantara anatomi( ilmu urat tubuh),zoologi(ilmu tumbuh-tumbuhan),astronomi(ilmu perbintangan) mineralogy(ilmu penambangan) dan sebagainya.
Ilmu kedokteran juga membuat kemajuan luar biasa dibawah orang-orang islam,di dalam cabang anatomi,pharmacho logi( ilmu khasiat obat). Mempunyai perbatasan-perbatasan umum denganByzantium, india , china dan sebagainya.
Keahlian dan ilmu kedokteran islam telah menjadi suatu perpaduan dari ilmu kedokteran dunia,karya-karya Razi, Ibnu Sina dan lain-lain,sampai sekarang tetap menjadi dasar semua pelajaran kedokteran juga di barat.
3.Ilmu Politik (Penglihatan/Mata)
Ilmu ini terutama berutang budi kepada orang-orang islam.Buku tentang sinar-sinar oleh Al khindi (abad IX) yang telah maju dari pengetahuan breek tentang kaca mata pembakar.Ibnu Al Haitan(Alhazen,965M) yang telah mengikutinya patut di anugrahi kemasyhuran.
4.Meneralogi, ilmu Mekanik(pesawat).
Ini telah menarik perhatian orang terpelajar,kedua-duanya dari segi kedokteran.Untuk membedakan batu-batu berharga, ilmu tersebut banyak di cari oleh manusia.
Ibnu Firmas(wafat tahun 888 M) telah menemukan suatu alat, yang dengan alat itu dia terbang pada suatu jarak yang jauh. Dia meninggal dalam suatu kecelakaan dan tidak meninggalkan pengganti.
Kimia dan perkembangannya
Ilmu kimia juga mendapat mendapat perhatian dari al qur an untuk di kembangkan. Manusia dan seluruh lingkungan hidupnya terbentuk dari element-element yang tergabung menjadi sebuah ikatan kimia menurut hukum allah. Ayat berikut mengemukakan kekuatan “ PENAWARAN” yang di lakukan tuhan dan memberikan inspirasi kepada para ilmuwan untuk melakukan proses kimiawi dengan campuran berbagai unsur kimia dengan proposi tertentu membuat hal yang mirip dengan itu.
“ Sibghah allah dan siapakah yang lebih baik sibghah-Nya dari pada allah? Dan hanya kepadanya lah kami menyembah. ” ( Q.S Al Baqarah 2:138).
Perhatikan pula bagaimana proses penciptaan manusia yang menjadi titik sentral studi para teolog, filsufuf, dan ilmuwan berabad-abad lamanya.
“Dialah yang menjadikan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukan ajal (kematian )dan ada lagi suatu ajal yang tentukan (untuk berbangkit yang ada pada sisinya yang dia sendirilah memgetahuinya), memberikan kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu).” Q.S.Al-an’am 6:2)
“Mahasuci allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari mereka maupun dari apa yang tidak mereka kethui. ” (Q.S. Yasin 36:36).
Ayat diatas dan ayat-ayat lain yang serupa dalam al qur an mengajak manusia memikirkan dan merenungkan proses penciptaan yang di lakukan allah dengan berbagai konteksnya dan mendorong manusia mengadakan eksperimen serta mengadakan study tentang prubahan kimiawi yang memunculkan substansi baru.
Bagi ahli kimia ini merupakan indikasi yang jelas bahwa campuran unsur tertentu bisa menghasilkan unsure yang baru sama sekali tidak berhubungan dengan unsur-unsur asalnya dalam hal sifat, zat, atau dampak.
Dalam berbagai konteks, Al quran memberikan petunjuk berbagai permasalahan yang dihadapi manusia dan menjadi gudang ilmu pengetahuan. Dengan demikian, dapat menjadi pendorong pembacanya untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam berbagai ilmu pengetahuan termasuk ilmu kimia.
Sumber : wildaznov11.blogspot.com

0 komentar:


Kaskus

Only


:ilovekaskus

:iloveindonesia

:kiss

:maho


:najis

:nosara

:marah


:berduka


:malu:

:ngakak

:repost:

:repost2:


:sup2:

:cendolbig

:batabig

:recsel



:takut

:ngacir2:

:shakehand2:

:bingung


:cekpm

:cd

:hammer

:peluk



:toast

:hoax:

:cystg

:dp


:selamat

:thumbup

:2thumbup

:angel


:matabelo


:mewek:

:request

:babyboy:


:babyboy1:

:babymaho

:babyboy2:

:babygirl


:sorry


:kr:

:travel

:nohope


:kimpoi

:ngacir:

:ultah

:salahkamar


:rate5

:cool


:bola


by Pakto


:mewek2:

:rate-5

:supermaho

:4L4Y


:hoax2:


:nyimak

:hotrit

:sungkem


:cektkp

:hope

:Pertamax

:thxmomod


:laper


:siul

:2malu:

:ngintip


:hny

:cendolnya


by misterdarvus


:maintenis:


:maintenis2:

:soccer

:devil


:kr2:

:sunny

Poskan Komentar