Number 27 - Nascar . Gemblonk: MANUSIA DAN PENDERITAAN

Ads 468x60px

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Manusia dan penderitaan, itu topik tulisan penulis selanjutnya, susah juga sih tetapi hal demikian juga yang sering kita alami dalam kehidupan, orang yang tidak pernah menderita sama aja orang yang tak ada gunanya di dalam kehidupan, mengapa demikian ? menurut beberapa referensi buku dan website yang saya baca dinyatakan bahwa jika orang tidak pernah merasakan penderitaan itu sama aja orang yang mati karena dia tidak mengalami seni kehidupan untuk perkembangan mental dan daya pikir untuk menyelesaikan masalah-masalah kehidupan. Jadi bila ada seseorang yang sudah dibiasakan hidup mewah ketika kehidupannya jatuh tiba-tiba otomatis pasti orang tersebut mengalami depresi karena tidak biasa menemukan jalan keluar. Penderitaan adalah hal menuju kebaikan, jadi jangan Anda menganggap semua penderitaan itu negatif.
Pengertian Penderitaan
Sekelumit pengertian tentang Penderitaan akan dibahas menurut beberapa kutipan-kutipan ahli dan berbagai referensi lainnya. Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidalmya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.
Penderitaan yang tidak selayaknya diterima anak usia dini
Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan "risiko" hidup. Tuhan memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang kadang-kadang bennakna agar manusia sadar untuk tidak memalingkan dariNya. Untuk itu pada umumnya manusia telah diberikan tanda atau wangsit sebelumnya, hanya saja mampukah manusia menangkap atau tanggap terhadap peringatan yang diberikanNya? . Tanda atau wangsit demikian dapat berupa mimpi sebagai pemunculan rasa tidak sadar dari manusia waktu tidur, atau mengetahui melalui membaca koran tentang terjadinya penderitaan. Kepada manusia sebagai homo religius Tuhan telah memberikannya
banyak kelebihan dibandingkan dengan mahlulc ciptaannya yang lain, tetapi mampukah manusia mengendalikan diri untuk melupakannya ? Bagi manusia yang tebal imannya musibah yang dialaminya akan cepat dapat menyadarkan dirinya untuk bertobat kepadaNya clan bersikap pasrah akan nasib yang ditentukan Tuhan atas dirinya. Kepasrahan karena yakin bahwa kekuasaan Tuhan memang jauh lebih besar dan dirinya, akan membuat manusia merasakan dirinya kecil dan menerima takdir. Dalam kepasrahan demikianlah akan diperoleh suatu kedamaian dalam hatinya, sehingga secara berangsur akan berkurang penderitaan yang dialaminya, untuk akhimya masih dapat bersyukur bahwa Tuhan tidak memberikan cobaan yang lebih berat dari yang dialaminya.
Baik dalam Al Quran maupun kitab suci agama lain banyak surat dan ayat yang menguraikan tentang penderitaan yang dialami oleh manusia atau berisi peringatan bagi manusia akan adanya penderitaan. Tetapi umunya manusia kurang mempethatikan peringatan tersebut, sehingga manusia mengalami penderitaan.
Pengertiaan Siksaan
Nah, ini dia apa itu siksaan bila didefinisikan dengan kata kata mungkin agak sulit, menurut wikipedia Siksaan atau penyiksaan (Bahasa Inggris: torture) digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Segala tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman, sadisme, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan. Siksaan dapat digunakan sebagai suatu cara interogasi untuk mendapatkan pengakuan. Siksaan juga dapat digunakan sebagai metode pemaksaan atau sebagai alat untuk mengendalikan kelompok yang dianggap sebagai ancaman bagi suatu pemerintah. Sepanjang sejarah, siksaan telah juga digunakan sebagai cara untuk memaksakan pindah agama atau cuci otak politik. So, siksaan tetap saja siksaan yang memang sakit dirasakan karena selalu ada paksaan heheheheh ....
Penderitaan dan Perjuangan
Penderitaan seperti hal yang sudah dijelasakan diatas, Perjuangan ?? apa yang Anda ingin katakan jika mendengar kata Perjuangan pasti yang terlintas di benak kita adalah perjuangan pahlawan kita untuk memerdekakan Indonesia. Perjuangan dalam sebuah syair W.S. Rendra tertulis bahwa “ Perjuangan adalah pelaksanaan kata kata “ itulah ungkapan hati seorang penyair, benar sekali Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata yang kita sangat inginkan dan kita berusaha agar mencapai tujuan yang kita inginkan, tentu saja selalu disertai dengan Doa. Penderitaan yang kita sering hadapi merupakan seni kehidupan yang tidak selamanya terjadi bila kita melakukan perjuangan menuju kebahagiaan. Bayangkan semua orang jaman sekarang hanya bisa mengeluh, bagaimana bisa mendapatkan kebahagiaan bila tanpa melakukan perjuangan disertai Doa. Jadi Perjuangan adalah jalan keluar menuju kebahagiaan yang tertunda (Penderitaan).
ilustrasi perjuangan
Sebab-sebab penderitaan secara umum adalah
1.    Penderitaan akibat kelakuan buruk manusia.
2.    Penderitaan akibat penyakit / siksaan.
Pengaruh Penderitaan dalam hidup manusia :
Yang satu ini sih pasti banget ya penderitaan berpengaruh dalam kehidupan manusia, mulai dari pikiran, tingkah laku, pola pikir dan lain-lain. Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif. Sikap negatif misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri, Siakp ini diungkapkan dalam peribahasa “Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna” ,”nasi sudah menjadi bubur”. Kelanjutan dari sikap negatif ini dapat timbul sikap anti, misalnya anti kawin atau tidak mau kawin, tidak punya gairah hidup.
Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan, dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan. Sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah, bahkan mungkin timbul sikap keras atau sikap anti, misalnya anti kawin paksa, ia berjuang menentang kawin paksa, anti ibu tiri,ia berjuang menentang kekerasan dan lain-lainnya
Apabila sikap negatif dan positif ini dikomunikasikan oleh para seniman kepada para pembaca, penonton, maka para pembaca, para penonton akan memberikan penilainnya. Penilaian itu dapat berupa kemauan untuk mengadakan perubahan nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat dengan tujuan perbaikan keadaan. Keadaan yang sudah tidak sesuai ditinggalkan dan diganti dengan keadaan yang lebih sesuai, keadaan yang berupa hambatan harus disingkirkan.
Jangan Ragu untuk bertindak, Berjuanglah untuk melawan setiap penderitaan untuk menuju kebahagiaan sejati .. God Bless Us   J
Sumber referensi :

0 komentar:


Kaskus

Only


:ilovekaskus

:iloveindonesia

:kiss

:maho


:najis

:nosara

:marah


:berduka


:malu:

:ngakak

:repost:

:repost2:


:sup2:

:cendolbig

:batabig

:recsel



:takut

:ngacir2:

:shakehand2:

:bingung


:cekpm

:cd

:hammer

:peluk



:toast

:hoax:

:cystg

:dp


:selamat

:thumbup

:2thumbup

:angel


:matabelo


:mewek:

:request

:babyboy:


:babyboy1:

:babymaho

:babyboy2:

:babygirl


:sorry


:kr:

:travel

:nohope


:kimpoi

:ngacir:

:ultah

:salahkamar


:rate5

:cool


:bola


by Pakto


:mewek2:

:rate-5

:supermaho

:4L4Y


:hoax2:


:nyimak

:hotrit

:sungkem


:cektkp

:hope

:Pertamax

:thxmomod


:laper


:siul

:2malu:

:ngintip


:hny

:cendolnya


by misterdarvus


:maintenis:


:maintenis2:

:soccer

:devil


:kr2:

:sunny

Posting Komentar