PEMBUATAN
WEBSITE SMKN 24 JAKARTA
PROPOSAL SKRIPSI
Diajukan Sebagai Bahan Pertimbangan Dalam
Pengambilan Judul Skripsi
Yang Akan Disusun Pada Tahapan Selanjutnya
Diajukan Oleh:
Herlambang Eko Prasetyo
23111342
JURUSAN SISTEM KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA
2011
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Saat ini adalah zamannya internet dimana batasan waktu dan jarak tidak
berarti lagi bagi media yang satu ini. Kita dapat berkomunikasi dengan siapa
saja dan dimana saja di seluruh dunia ini dengan menggunakan fasilitas e-mail
maupun dengan cara chatting. Mungkin pada saat ini hampir setiap orang sudah
memiliki e-mail untuk dapat bergabung di internet. Namun, bagaimana dengan yang
memiliki website pribadi? Apalagi website yang merupakan hasil karya sendiri,
mungkin tidak semua orang memilikinya. Padahal dengan memiliki website kita
dapat mengenalkan diri kita pada semua orang yang ada di seluruh dunia, baik
mengenai diri kita, perusahaan kita atau segala sesuatu yang ingin kita
sampaikan. Tidak mustahil juga kita dapat memperoleh uang dengan memiliki
website pribadi, asalkan kita dapat mengelolanya dengan baik.
Pengembangan jaringan komunikasi data antar komputer menjadikan internet
muncul dengan berbagai macam aplikasi. internet dengan berbagai aplikasinya
pada dasarnya adalah media yang digunakan untuk mengefesienkan proses
komunikasi.
Untuk dapat memaksimalkan penggunaan internet, harus dapat kita tentukan
dan artikan tentang kebutuhan komunikasi dari seseorang. Salah satu aplikasinya
yaitu World Wide Web (WWW). Di awal
perkembangannya World Wide Web hanya
digunakan untuk kalangan akademisi dan riset, namun sekarang World Wide Web digunakan untuk bisnis
dan hiburan.
Informasi yang diperoleh dari internet pun bermacam-macam tergantung
dari informasi yang dibutuhkan user
(pemakai). Salah satu informasi yang dapat kita peroleh adalah banyaknya
situs-situs pendidikan mulai dari tingkatan umum (SMP/MTs) sampai dengan
tingkat kampus akademik. Oleh karena itu, dengan berkembangnya kemajuan
teknologi ini, SMKN 24 JAKARTA perlu
mempromosikan dirinya melalui sebuah website yang online di internet. Dengan
sebuah website, masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan mengetahui segala
sesuatu mengenai SMKN 24 JAKARTA dengan cepat tanpa memerlukan
waktu yang banyak. Peranan website ini juga tidak terlepas dari penggunaan
peralatan yang mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang mengandalkan tenaga
manusia. Informasi tentang sekolah yang dapat diakses oleh semua orang melalui
internet memberikan ide bagi penulis untuk membuat suatu website sekolah yang
bisa memberikan informasi bagi para pengunjungnya.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis memandang penting
mengangkat kasus di atas ke dalam Skripsi ini dengan mengambil judul: Pembuatan Website SMKN
24 JAKARTA .
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan
Latar Belakang Masalah di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai
berikut:
1. SMKN 24 JAKARTA belum memiliki sebuah website resmi sebagai media
promosi, serta untuk saling berhubungan dan berbagi informasi, khususnya bagi guru,
siswa dan alumni.
- SMKN 24 JAKARTA memerlukan sebuah media alternatif dalam penyebarluasan informasi ke publik atau masyarakat luas, agar lebih memudahkan dalam mendapatkan informasi tersebut bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
3. Dibutuhkan
sarana online sebagai tempat untuk berbagi (sharing)
yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun, baik oleh siswa maupun pihak lain
yang membutuhkan.
1.3 Batasan Masalah
Batasan
permasalahan pada penulisan Skripsi ini adalah:
1. Dibatasi
pada proses publikasi berita, artikel, jadwal kegiatan, foto galeri dan forum
online.
2. Website
ini dibangun dengan menggunakan PHP
sebagai Server Side Programming dan MySQL sebagai database servernya.
3. Memungkinkan
user yang telah terdaftar untuk mengupload foto, meng-update status, mengirim pesan, memberikan opini atau komentar, serta
menyunting data pribadi.
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian dan penyusunan Skripsi ini antara lain:
1. Membuat
sebuah aplikasi (website) untuk
mempromosikan dan memperkenalkan SMKN 24 JAKARTA ke
publik, agar lebih memudahkan kepada masyarakat untuk mengetahui tentang SMKN
24 JAKARTA.
2. Memberikan
alternatif web-based application
sebagai media untuk berkomunikasi, selain melalui email dan chatting, yang
memungkinkan digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan atau mengekspresikan
diri, khususnya antara siswa dan alumni SMKN 24 JAKARTA, sehingga bisa lebih
mengenal satu dengan yang lain, bisa terwujud rasa kebersamaan dan kekompakkan,
meskipun berada dalam wilayah geografis yang berbeda.
3. Sebagai
sarana online untuk memudahkan dalam proses penyebarluasan informasi ke publik
atau masyarakat luas, khususnya yang berhubungan dengan pendidikan.
1.5 Metodelogi Penelitian
Pada
penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang
menggambarkan suatu keadaan atau permasalahan yang sedang terjadi berdasarkan
fakta dan data-data yang diperoleh dan dikumpulkan pada waktu melaksanakan
penelitian.
1.5.1
Metoda
Pengumpulan Data
Metoda pengumpulan
data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah:
1.
Observasi
Pengumpulan data dengan dengan melakukan pengamatan
secara langsung terhadap objek penelitian, dengan mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan judul Skripsi, sehingga diperoleh data yang lengkap dan
akurat.
2.
Wawancara
Pengumpulan data dengan cara melakukan komunikasi dan
wawancara secara langsung dengan pihak guru dan siswa SMKN 24
JAKARTA.
3.
Studi Pustaka
Pengumpulan data dengan menggunakan atau mengumpulkan
sumber-sumber tertulis, dengan cara
membaca, mempelajari dan mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan
masalah yang sedang dibahas guna memperoleh gambaran secara teoritis yang dapat
menunjang pada penyusunan Skripsi.
1.5.2 Metoda Pengembangan Perangkat Lunak
Metodelogi yang digunakan untuk
membangun sistem ini adalah Model Waterfall.
Model ini merupakan sebuah pendekatan terhadap pengembangan perangkat lunak yang
sistematik,
dengan beberapa tahapan, yaitu: System Engineering, Analysis, Design,
Coding, Testing dan Maintenance.
Tahapan dari Paradigma Waterfall dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar 1.1 Paradigma Waterfall (Classic Life Cycle)
(Sumber: Roger
S. Pressman)
Penjelasan
Metodelogi Waterfall:
1. System Engineering,
merupakan bagian awal dari pengerjaan suatu proyek perangkat lunak. Dimulai
dengan mempersiapkan segala hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek.
2. Analysis,
merupakan tahapan dimana System
Engineering menganalisis segala hal yang ada pada pembuatan proyek atau
pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk memahami sistem yang ada,
mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.
3. Design, tahapan ini merupakan
tahap penerjemah dari keperluan atau data yang telah dianalisis ke dalam bentuk
yang mudah dimengerti oleh pemakai (user).
4. Coding, yaitu menerjemahkan data
yang dirancang ke dalam bahasa pemrograman yang telah ditentukan.
5. Testing, merupakan uji coba
terhadap sistem atau program setelah selesai dibuat.
6. Maintenance, yaitu
penerapan sistem secara keseluruhan disertai pemeliharaan jika terjadi perubahan
struktur, baik dari segi software
maupun hardware.
1.6
Sistematika Penulisan
Uraian singkat
mengenai struktur penulisan pada masing-masing bab adalah sebagai berikut:
BAB
I
BAB
II
BAB
III
BAB
IV
BAB V
BAB
VI
|
PENDAHULUAN
Membahas Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Batasan
Masalah, Tujuan
Penelitian, Metodelogi
Penelitian serta Sistematika Penulisan.
LANDASAN
TEORI
Memaparkan
teori-teori yang didapat dari sumber-sumber yang relevan untuk digunakan sebagai panduan
dalam penelitian serta penyusunan Skripsi.
ANALISIS
SISTEM
Menjelaskan tentang gambaran sistem serta deskripsi dari hasil analisis sistem yang akan dijadikan sebagai petunjuk untuk perancangan pada tahapan
berikutnya.
PERANCANGAN
SISTEM
Berisi
tentang Perancangan Sistem dengan UML, Perancangan Data, Perancangan Arsitektural,
Perancangan Prosedural dan
Perancangan Antarmuka.
IMPLEMENTASI
DAN TESTING
Menjelaskan mengenai kebutuhan hardware, software
serta mengenai arsitektur dan proses publikasi web, yaitu berupa penentuan nama
domain, kapasitas hosting serta analisis biaya.
PENUTUP
Mengemukakan
kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian dan penulisan
Skripsi ini, serta saran-saran untuk pengembangan selanjutnya, agar dapat
dilakukan perbaikan-perbaikan di masa yang akan datang.
|
DAFTAR PUSTAKA
A. Sumber Buku
Anhar. PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Agromedia Pustaka. 2010
Arifin, Zainal.
36 Menit Belajar Komputer: PHP dan MySQL. Jakarta: Elex
Media Komputindo. 2011
Dwi Prasetyo, Didik.
101 Tip & Trik Pemrograman PHP. Jakarta: Gramedia. 2011
Kendal,
Kenneth E. Kendal, Julie E. Systems Analysis and
Design, 8th Edition.
Prentice Hall. 2011
Lane, David. Williams, Hugh E. Web Database Application
with PHP and MySQL, 3rd Edition.
O'Reilly. 2006
Munawar. Pemodelan
Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2005
Powers, David. PHP Solutions: Dynamic Web Design Made Easy.
Apress Company. 2006
Puji Oktavian, Diar.
Menjadi Programmer Jempolan Menggunakan
PHP. Yogyakarta: Mediakom. 2011
Ramadhan, Arief. Pemrograman
Web Database dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2006
Setiawan,
Ebta. Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka. 2006
Solichin, Achmad. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur. 2009
Sunyoto, Andi. AJAX - Membangun
Web Dengan Asynchronouse JavaScript dan XML. Yogyakarta: Andi. 2007
Utdirartatmo, Firrar. Segudang Trik Pengembangan Situs Web (Memanfaatkan HTML, JavaScript dan
CSS Secara Kreatif). Yogyakarta: Andi. 2006
Vrana, Jakub. Achour, Mehdi. Betz,
Friedhelm. Dovgal, Antony. Lopes, Nuno. Magnusson, Hannes. Richter, Georg.
Seguy, Damien. PHP 5 Manual. PHP
Official Site (http://www.php.net). 2011
B. Sumber Lain
0 komentar:
Kaskus
Only
:ilovekaskus
:iloveindonesia
:kiss
:maho
:najis
:nosara
:marah
:berduka
:malu:
:ngakak
:repost:
:repost2:
:sup2:
:cendolbig
:batabig
:recsel
:takut
:ngacir2:
:shakehand2:
:bingung
:cekpm
:cd
:hammer
:peluk
:toast
:hoax:
:cystg
:dp
:selamat
:thumbup
:2thumbup
:angel
:matabelo
:mewek:
:request
:babyboy:
:babyboy1:
:babymaho
:babyboy2:
:babygirl
:sorry
:kr:
:travel
:nohope
:kimpoi
:ngacir:
:ultah
:salahkamar
:rate5
:cool
:bola
by Pakto
:mewek2:
:rate-5
:supermaho
:4L4Y
:hoax2:
:nyimak
:hotrit
:sungkem
:cektkp
:hope
:Pertamax
:thxmomod
:laper
:siul
:2malu:
:ngintip
:hny
:cendolnya
by misterdarvus
:maintenis:
:maintenis2:
:soccer
:devil
:kr2:
:sunny
Posting Komentar